50 Tahun Ahmad Muayad dan Perandaian

Aku pernah dengar, muslim itu harus menjauhi berandai-andai. Tapi, aku tetap akan berandai-andai dan semoga per-andai-anku ini dapat diikuti pemaknaan positif.

banner papah

Andai engkau masih ada, mungkin saja sikapku tidak seperti hari ini: ungovernable. Aku kehilangan sosok pengatur sejak usia yang masih dini, mungkin karena itulah aku sulit hormat terhadap orang yang kurang pantas dihormati. Mungkin aku dimintaNya untuk belajar lebih keras untuk bisa menghormati.

Andai engkau dulu lebih menjaga penggunaan gelas dan piring di perantauanmu agar tak campur-campur, mungkin kau tak usah tertular penyakit yang membuat livermu rusak dan harus meninggalkan keluarga di usia 38. Ah, kiranya ini agar menjadi pelajaran buat kami kaum muda yang agak sembrono terhadap hal-hal yang demikian.

Andai engkau sekarang masih ada, mungkin aku ingin banyak sekali bertanya tentang hal-hal yang baru belakangan ini aku ketahui: liberalisme, gerakan Islam transnasional, proses reformasi ’98 yang kau liput langsung. Ah, mungkin ketiadaanmu bermakna perintahNya untuk lebih sering membuka “book” ketimbang “facebook”.

Hari ini, 28 April 2015 adalah tepat 50 tahun dari hari di mana engkau dilahirkan di Lampung sana. Lahir dari keluarga kiai sekaligus militan Heiho yang kerapkali harus ekodus setiap kali perjuangan kemerdekaan kembali memanas.

Di usia 50 tahun, beberapa pemikir sudah menghasilkan banyak karya. Bahkan beberapa orang di usia 50 sudah diabadikan dalam Biografi atau ‘catatan pemikiran’. Aku cukup yakin, andai engkau masih hidup kau pun bisa membukukan catatan yang sama, karena masa mudamu banyak kau dedikasikan untuk menulis berita. Ah, mungkinkah ini pertanda bahwa aku yang harus meneruskannya?

Akhir kata, kini ketiadaanmu malah menegaskan bahwa kau benar-benar ‘ada’.

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu ‘anhu.

Ahmad Muayad, 28 April 1965 – 1 November 2004.

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

